Dianggap Gulma, Buah Ciplukan justru Memiliki Khasiat Penting

  • 12 Juli 2018
  • Dibaca: 67 Pengunjung
Dianggap Gulma, Buah Ciplukan justru Memiliki Khasiat Penting

SEDANG-12/07/2018

Buah ciplukan mempunyai nama latin Physialis angulata adalah tanaman liar yang umumnya tumbuh di kebun, tepi hutan, ladang atau sawah. Buah ini mirip dengan buah cherry hutan dan seringkali di jumpai waktu musim hujan karena ketersediaan air melimpah dan membuatnya tumbuh subur.

Buah ciplukan ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. berbagai macam manfaat. Ciplukan tidak hanya buahnya saja yang bisa dijadikan sebagai obat, namun daun, akar, dan batangnya pun bisa dibuat sebagai obat.

Buah ciplukan sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mempunyai kandungan Vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, dan polifenol. Dari akar, daun hingga buahnya punya beragam khasiat untuk kesehatanAkar: Berkhasiat sebagai obat cacing dan penurun demam,  Daun: Patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah, Buah: Obat epilepsi, susah kencing dan jantung.

Salah satu petani Subak Dledekan Desa Sedang, I Gst Putu Gendra (66) mengungkapkan tidak tau menau akan khasiat dari buah ciplukan, namun setiap buah ini tumbuh di ladang sawahnya ia selalu memetik buahnya dan dikonsumsi, “rasanya masam” ungkap petani lansia ini. Namun setelah ia ketahui berbagai manfaat dari buah ini ia menambahkan, “mungkin nanti saya akan mencoba membudidayakannya, siapa tau harganya mahal”, lanjutnya sembari ketawa. (005/KIMSDG)

  • 12 Juli 2018
  • Dibaca: 67 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita